Epistemologi Tafsir Al-Nur Karya M. Hasbi Ash-Shiddieqy Dalam Memahami al-Quran

  • M. Rifaki Asy'ari UIN Sunan Ampel
Keywords: epistemologi; Tafsir al-Nur; Pemikiran Hasbi Ash-Shidddieqy.

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang epistemologi Tafsir Al-Nur karya M. Hasbi Ash-Shiddieqy dalam memahami al-Quran serta kontribusi pemikrian Hasbi itu sendiri dalam tafsir yang memunculkan fiqih yang berkepribadian Indonesia. Pemahasan ini bersifat deskriptif-analitik dengan fokus pada karya tafsirnya yakni Tafsir Al-Quranul Majid al-Nur yang meliputi beberapa aspek kajian epistemologis.

Dari kajian yang dilakukan dapat diketahui metode penafsiran yang dilakukan Hasbi tergolong analitis-kontekstual terhadap teks-teks al-Quran terutama yang berkaitan dengan ayat-ayat hukum kemudian dihubungkan dengan keadaaan bangsa Indonesia masa kini. Bahkan sumber-sumber rujukan tafsir tessebut diambil dari kitab-kitab muktabarah dengan sangat kkental dengan pembahasan fiqih secara universal.

Bahwasanya sebagai seorang mufaasir Nusantara, Hasbi berahsil menyajikan penafsiran dalam konteks keindonesiaan. Penafsiran tersebut tentu tidak lepas dari disiplin keilmuan dan budaya masyarakat Indonesia. Pemikirannya ini sangat berkontribusi dalam membangun peradaban bangsa ini serta menambah khzaanah keilmuan dalam dunia Islam.

 

Published
2021-10-23