EFEKTIVITAS PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI

  • Lia Kurnia Sari IAIN Kediri
  • M. Syahrul Ulum
Keywords: Efektifitas, Pembelajaran Sosiologi, Kurikulum 13

Abstract

Jurnal ini mengulas tentang bagaimana efektivitas pembelajaran Sosiologi melalui penerapan kurikukulum 2013 di MAN 5 Kediri. Penelitian yang dilakukan di MAN 5 Kediri bertujuan untuk mendeskripsikan tentang analisis keefektifan pembelajaran Sosiologi pada kelas XI dan XII jurusan IPS dengan menggunakan penerapan Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematis untuk memudahkan pemahaman dan dugaan. Instrument penelitian ini yaitu menyediakan informasi melalui sumber data, mengumpulkan data, menilai kualitas data, menganalisis data, menafsirkan data, temuan, dan menarik kesimpulan. Sumber data penelitian ini observasi. Adapun hasil penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 5 Kediri yaitu pembelajaran Sosiologi kelas XI dan XII dengan menerapkan Kurikulum 2013 sudah efektif sesuai rancangan badan pendidikan dimana siswa dituntut berpartisipasi aktif dalam pembentukan Kurikulum serta siswa diberikan kebebasan dalam menentukan metode pembelajaran dan dilibatkan secara penuh dalam penerapan Kurikulum 2013. Kegiatan perencanaan dibasiskan pada keputusan siswa kelas XI IPS dan XII IPS, hal ini berdampak pada peserta didik menjadi nyaman dalam belajar menjadi subyek dalam proses pembelajaran. Pusat dari pembelajaran berada pada siswa itu sendiri, bukan pada guru seperti pendidikan formal pada umumnya. guru harus bisa memberi kesempatan seluas-luasnya bagi siswa untuk belajar dan memfasilitasi agar siswa bisa mengaktualisasikan dirinya. Guru juga harus mengembangkan pengetahuannya secara meluas dan mendalam agar bisa memfasilitasi peserta didik. Hubungan antara guru dan murid dalam membentuk efektivitas pembelajaran, tidak sebagai hubungan antar pendidik dengan murid, tetapi guru dan murid berposisi sebagai mitra aktif dalam proses belajar mengajar.

Published
2024-03-31
Section
Articles