Pemanfaatan Sumber Belajar Perpustakaan dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Pikatan

  • Khoiruzzaim Kurniawan Institut Agama Islam Faqih Asy'ari Kediri, Indonesia
Keywords: belajar sumber daya, Perpustakaan, membaca keterampilan

Abstract

Penelitian ini didorong oleh suatu fenomena bahwa ada beberapa kendala
yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia, salah satunya
adalah kurangnya budaya bacaan pada siswa dalam proses belajar mengajar.
Hal ini juga diperburuk oleh para guru yang masih menggunakan sumber
belajar konvensional saja, sehingga menyebabkan siswa terlihat kurang
bersemangat dalam berpartisipasi dalam proses belajar mengajar, karena
siswa tidak berperan aktif dalam proses belajar mengajar.Penelitian ini
menggunakan Class Action Research sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri
dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Target dari penelitian ini adalah siswa kelas empat materi pelajaran bahasa
Indonesia dalam kalimat utama. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan
kemampuan membaca siswa di kelas IV MI Darussalam Pikatan melalui
penggunaan sumber daya belajar Perpustakaan dalam masalah pokok bahasan
Indonesia dari kalimat utama. Hal ini dapat dilihat dari pengukuran
kemampuan membaca efektif (KEM) yang dilakukan oleh para peneliti, dari
pra-tes yang hanya memperoleh rata 67 kata per menit meningkat dalam siklus
pertama pasca tes dengan 73 kata per menit dan meningkat secara signifikan
dalam siklus kedua pasca tes dengan 106 kata per menit. Nilai rerata dari hasil
belajar siswa juga meningkat dari pre Test yang mencapai 49, meningkat pada
siklus pertama tes pasca yang 63 dan siklus kedua tes pasca meningkat secara
signifikan yaitu rata-rata 81. Kemudian dapat disimpulkan bahwa penggunaan
sumber daya belajar Perpustakaan dapat meningkatkan kemampuan membaca
di kelas IV MI Pikatan Blitar siswa.

Published
2020-08-08
Section
Articles