Integrasi Nilai Agama pada Pembelajaran IPS dalam Membina Self Control Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi nilai agama dengan
pembelajaran IPS dalam membina Self control peserta didik melalui pola dan
pendekatan integratif. Manusia sejatinya merupakan mahluk sosial, maka
diperlukan suatu pengendalian diri saat membaur ke dalam lingkungannya.
Mengendalikan diri atau Self control merupakan upaya sadar dengan apa yang
sedang dilakukan. Memiliki kemampuan Self control yang baik artinya mampu
mengarahkan ke perilaku positif, begitupun sebaliknya. Pola integrasi yang
dibentuk dengan memasukkan nilai agama kedalam pembelajaran IPS dapat
menjadi alternatif secara keseluruhan. Metode penelitian yang digunakan penulis
adalah metode penelitian deskriptif dan interpretasi. Kesimpulan dari hasil
penelitian ini adalah agama dan pembelajaran IPS memiliki kesamaan yaitu dapat
menjadi acuan dalam pengembangan diri. Hasil yang diperoleh keduanya dapat
menjadi pembelajaran dalam membina pengendalian diri.
Copyright (c) 2020 Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.