Implementasi Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V Ilyasa MI Perwanida Kota Blitar

  • Ika Setiawati STIT Al-Muslihun Blitar, Indonesia
Keywords: Metode CIRC, Bahasa Indonesia, ketrampilan menulis puisi

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang sering dianggap
mudah oleh para siswa, tetapi sebenarnya nilai mata pelajaran Indonesia tidak
pernah menduduki tingkat pertama dibanding mata pelajaran lain. Ketika
siswa menganggap mudah pelajaran bahasa Indonesia karena alasan
penggunaan sehari-hari, hal itulah yang memicu siswa untuk tidak lagi aktif
dalam belajar. Inilah yang kemudian akan membuat nilai pelajaran bahasa
Indonesia selalu di bawah mata pelajaran lain. Terutama dalam menulis materi
puisi bebas. Agar nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat bersaing
dengan mata pelajaran lain, peneliti tertarik mengkaji penerapan metode CIRC
dalam menulis materi puisi bebas sebagai solusi yang tepat dikarenakan
metode ini menekankan belajar membaca dan menulis bahasa di kelas tingkat
tinggi. Dalam pelaksanaannya, memerlukan tahapan perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan desain kelas Action
Research. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, dokumentasi,
dan tes. Data kualitatif dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif
sementara data kuantitatif dianalisis dengan kuantitatif deskriptif. Dari
penelitian yang dilakukan, metode CIRC belajar menulis puisi bebas dengan
mengelompokkan siswa dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis
puisi bebas di MI PerwanidaBlitar City. Hasil aplikasi meningkat secara
signifikan dimana Skor Pretest sebesar 45% dari 30 siswa yang menyelesaikan
penulisan puisi bebas dengan benar dan tepat. Selanjutnya, siklus I nilai ratarata
siswa yang diperoleh adalah 82 dengan tingkat pencapaian siswa 66,6%.
Selanjutnya dalam siklus II nilai rata-rata siswa adalah 89 dengan tingkat
pencapaian siswa 95%.

Published
2020-08-08
Section
Articles