Pelatihan Dan Pendampingan Bidang Pemasaran Digital Bagi Usaha Roti di Pondok Pesantren Darussalam

  • Arini Bintan Sholihah Institut Agama Islam Faqih Asyari (IAIFA) Kediri
  • Siti Kalimah Institut Agama Islam Faqih Asyari (IAIFA) Kediri
Keywords: Pemasaran Digital, Pelatihan, Pendampingan, Roti

Abstract

Pemasaran digital merupakan sarana yang mana untuk memperkenalkan produk melalui media digital maupun online. Perkembangan dunia digital saat ini sedang viral dan menjadi kebutuhan disemua kalangan. Banyaknya Usaha Kecil Menengah yang masih mengalami proses pemasaran produk menjadi kendala dalam pengembangan usahanya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melaksanakan dan mengembangkan pola kolaborasi antara mahasiswa, dosen, masyarakat dan pemerintah dalam melakukan kerja menuju perubahan salah satunya dengan membantu usaha kecil menengah dalam proses pemasaran produk yang dihasilkan dalam hal ini produk roti di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari. Adapun tahapan pelaksanaan yang diterapkan dalam kegiatan ini berupa pelatihan dan pendampingan bidang pemasaran digital untuk meningkatkan layanan penjualan produk roti di Pondok Pesantren Darussalam. Hasil dari kegiatan ini : 1) adanya pelatihan motivasi dan kemampuan manajerial kewirausahaan, 2) adanya sosial media yang dipakai dalam proses pemasaran (Brosur, Facebook, Instagram, dll)

Published
2020-04-17
Section
Articles