Pendampingan Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Dalam Metode Sorogan Pada Mahasiswa Berbasis Pondok Pesantren di Asrama IAIFA Putra Sumbersari, Kencong, Kepung, Kediri

  • Maqdum Hidayatur R Institut Agama Islam Faqih Asy'ari Kediri, Indonesia
  • Miftahul Arif Institut Agama Islam Faqih Asy'ari Kediri, Indonesia
Keywords: santri, Edukasi melalui Praktik, Pelatihan Baca-tulis

Abstract

Dalam pendampingan ini masalah pokok yang dikerjakan adalah bagaimana kita meningkatkan kemampuan mahasiswa yang berbasis pondok pesantren dalam membaca kitab kuning, kerena tidak semua mahasiswa yang berbasis pondok pesantren bisa membaca kitab kuning. Kitab kuning atau juga kitab yang sering kita sebut dengan kitab gandul atau tanpa harokat ini memilik pesan-pesanyang sangat bernilai sehingga menuntut keahlian khusus untuk memahaminya. Kemampuan membaca kitab kuning ini adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk memahami dalam isi kandungan yang terdapat dalam teks kitab. Kemampuan tersebut sangat diperlukan yang namanya pelatihan, pelatihan membaca kitab kuning merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa yang berbasis pondok pesantren dalam memahami kitab kuning. Pendampingan ini sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa IAIFA Kediri di Asrama IAIFA Putra. Alasan pemilihan Asrama IAIFA Putra sebagai masyarakat sasaran adalah mahasiswa yang apabila sudah terjun kepada masyarakat secara langsung bisa mengajarkan nilai-nilai yang terkandung dalam kitab kuning tersebut.

Published
2020-04-17
Section
Articles