Pendampingan Pembelajaran Akhlak Pada Santri di Pondok Pesantren Roudlussalam Desa Kebonwangi Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri

  • Akhmad Aminuddin Institut Agama Islam Faqih Asyari (IAIFA) Kediri
  • Miftahul Arif Institut Agama Islam Faqih Asyari (IAIFA) Kediri
Keywords: Pendampingan, Pembelajaran Akhlak Santri

Abstract

Pondok pesantren sangat berperan penting dalam pembinaan akhlak kepada para santri.Dan diharapkan pondok pesantren mampu menjadi tempat pusat rehabilitasi social dalam pembinaan akhlak yang harus diberikan kepada santri.Meskipun pondok pesantren sudah maksimal dalam membina akhlak-akhlak para santri.Tetapi masih banyak akhlak-akhlak para santri yang kurang baik. Oleh karena itu dilaksanakan program “ Pendampingan Pembelajaran Akhlak pada santri di Pondok Pesantren Roudlussalam Ds. Kebonwangi Kec. Kandangan kab. Kediri”.  Adapun tujuan dari kegiatan program ini adalah agar para santri lebih meningkatkan nilai-nilai akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan jenis penelitian analisis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis  akhlak-akhlak para santri di Pondok Pesantren Roudlussalam, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Dalam kegiatan program pendampingan pembelajaran akhlak pada santri.Peneliti melibatkan beberapa pihak, yaitu pengasuh, pengurus dan para santri.Sasaran untuk kegiatan program pendampingan ini dilakukan kepada para santri yang kurang baik akhlaknya.dari 20 santri dan yang didampingi sebanyak 7 santri.Hasil akhir dari kegiatan program pendampingan pembelajaran akhlak pada santri dengan sasaran terhadap 7 santri dikategorikan cukup berhasil

Published
2020-04-17
Section
Articles