Edukasi Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatul Mustaqim Desa Bulusari Kediri

  • Warsono Institut Agama Islam Faqih Asyari (IAIFA) Kediri
  • Abd. Majid Abror Institut Agama Islam Faqih Asyari (IAIFA) Kediri
Keywords: yanbu'a method, read the letters hijaiyah

Abstract

Penanaman kemampuan membaca Huruf Hijaiyah merupakan suatu hal yang sudah lazim bagi Taman Pendidikan Al-Qur’an. Masalah pokok yang sering dihadapi oleh santri Pon. Pes. Hidayatul Mustaqim di wilayah kecamatan Tarokan adalah metode yang digunakan dalam kemampuan membaca huruf hijaiyah. Latar belakang dari pada penulisan ini adalah ditemukan para santri yang mengikuti proses pembelajaran mengaji di Pon. Pes. Hidayatul Mustaqim di wilayah kecamatan Tarokan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kualitatif, dengan mengambil lokasi di Pon. Pes. Hidayatul Mustaqim di wilayah kecamatan Tarokan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itu ditarik kesimpulan. Hasil dari penerapan metode yanbu’a menunjukan peningkatan signifikan yaitu pada kemampuan membaca yang awalnya 40% naik menjadi 57% pada siklus I dan menjadi 75% pada Siklus II. Dengan demikian metode yanbu’a dapat menanamkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada santri di Pon. Pes. Hidayatul Mustaqim di wilayah kecamatan Tarokan.

Published
2020-04-17
Section
Articles