Edukasi “Dasar-Dasar Thoharoh dan Sholat” Melalui Praktik dan Pelatihan Baca-tulis Abjad Pegon terhadap Santri PPP. Ishlahiyyatul Asroriyyah

  • Basirotun Nafidah Institut Agama Islam Faqih Asy'ari Kediri, Indonesia
  • Siti Kalimah Institut Agama Islam Faqih Asy'ari Kediri, Indonesia
Keywords: Santri, Edukasi Melalui Praktik, Pelatihan Baca-Tulis

Abstract

Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan yang menitikberatkan pada pendidikan agama dengan membekali santrinya pengetahuan agama yang cukup melalui kajian kitab kuning sebagai sumbernya. Berdasarkan konteks tersebut penulis menjalankan kegiatan edukasi dasar-dasar thoharoh dan sholat dan pelatihan baca-tulis abjad pegon terhadap santri kelas III ibtidaiyyah sebagai santri baru yang masih belum mengenal agama dengan cukup.Kegiatan edukasi dan pelatihan santri kelas III Ibtidaiyyah ini dipandang cukup berhasil membantu santri kelas III untuk mengetahui dasar-dasar mengenai thoharoh dan sholat serta memraktikannya.Kegiatan pelatihan baca-tulis abjad pegon juga cukup membantu mereka mengenal, membaca, dan menulis abjad pegon. Dalam edukasi dan pelatihan juga dimunculkan kerjasama dan komunikasi yang baik antara penulis dan santri lain yang secara tidak langsung sangat mendukung kegiatan edukasi dan pelatihan ini. Antusiasme yang ditunjukkan santri kelas III pada saat mengikuti pelatihan dan edukasi berlangsung juga menunjukkan kesuksesan program edukasi mengenai dasar-dasar thoharoh dan sholat, serta pelatihan baca-tulis abjad pegon.

Published
2020-04-17
Section
Articles